Don't miss

Cara Menulis Resume Yang Baik Buat Kamu Yang Belum Pernah Kerja

By on January 21, 2014

resume, tips kerja, melamar kerja, lamaran kerja, gaya hidup

Saat mencari pekerjaan, menulis resume mungkin selalu dilakukan. Dimana isinya yaitu keahlian kamu dan juga pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan. Lalu bagaimana jika kamu belum pernah kerja? Tidak masalah, kamu tidak perlu minder dan percaya diri saja terhadap kemampuan yang kamu miliki. Lamaran kerja kamu akan sukses bila kamu mampu menulis dengan baik tentang keahlian kamu. Oleh sebab itu pada artikel ini akan dibahas mengenai hal tersebut. Tips ampuh dalam menulis resume tanpa pengalaman pekerjaan.

Berikut tips-tips yang dapat kamu coba saat kamu melamar pekerjaan:

Tulislah Keahlian Kamu

Menulis keahlian kamu adalah poin utama dalam resume. Dimana itu adalah sebagai bahan pertimbangan apakah kamu memenuhi kriteria yang diharapkan. Tetapi ada baiknya jika kamu menulis sebuah perusahaan besar yang mendukung keahlian kamu. Atau setidaknya menyoroti keahlian yang kamu miliki. Lampirkan juga contoh pekerjaan dari keahlian kamu atau portpolio online yang pernah kamu miliki.

Ingat, tulislah keahlian kamu sesuai dengan kenyataan dan jangan dimanipulasi. Agar saat kamu diminta untuk membuktikan, kamu bisa melakukannya. Lamaran pekerjaan kamu juga akan semakin besar diterima jika didukung dengan sertifikat. Terlebih jika sertifikat tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Pengusaha lebih cenderung memberikan kesempatan tergantung dari kemampuan yang kamu miliki.

resume, tips kerja, melamar kerja, lamaran kerja, gaya hidup

Tulislah Kepribadian Kamu

Resume yang kamu tulis akan sangat mempengaruhi masa depan kamu. Dimana sebuah keputusan dibuat berdasarkan apa yang kamu tulis. Tulislah juga kepribadian kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Terlebih jika kamu menulis bahwa kamu mencintai pekerjaan itu karena sudah biasa melakukan. Tulislah dengan cara yang tepat dan menarik agar pengusaha tertarik dan mempertimbangkan Anda.

Pakailah kata-kata sopan tetapi tetap menarik dimana kata-kata itu dapat mencerminkan siapa kamu secara pribadi. Jangan gunakan kata-kata yang kurang sopan dan terlihat kurang profesional. Jangan juga menulis hal-hal pribadi secara berlebihan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Tulislah Kelebihan Dan Juga Kebaikan Kamu

Sebagai upaya agar diterima bekerja, tidak ada salahnya kamu menulis kelebihan kamu. Dimana kebiasaan baik kamu dalam melakukan kegiatan sosial atau semacamnya. Kamu bisa mencantumkannya didalam resume kamu. Ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan yang baik. Dari kegiatan yang pernah kamu lakukan setidaknya kamu pernah mendapatkan pengalaman. Pengalaman bekerja tidak harus didapatkan dari sebuah pekerjaan yang formal. Bisa saja dari kegiatan-kegiatan kecil yang bermanfaat yang pernah kamu lakukan.

Itulah tips-tips menulis resume yang baik tanpa riwayat pengalaman pekerjaan. Pada intinya, fokuslah hanya pada satu hal saja yang akan kamu kerjakan dan kamu bahas. Jangan bertele-tele dan jangan ragu mengungkapkannya. Jangan biarkan kekurangan kamu menghambat kemajuan kamu di masa mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan selamat mencoba.

resume, tips kerja, melamar kerja, lamaran kerja, gaya hidup

 BACA JUGA:

Bebas Stress Dengan Cara Yang Sederhana

Menjadi sempurna di sesi wawancara kerja

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>