Don't miss

Cara Mengundurkan Diri Yang Baik Dan Benar

By on January 21, 2014

resign, tips kerja, pengunduran diri, gaya hidup

Sebuah pengunduran diri saat bekerja adalah hal yang sangat penting. Dimana ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan. Apapun alasannya, meninggalkan pekerjaan adalah keputusan yang sangat besar. Entah ada tawaran yang lebih bagus atau kamu memang sudah bosan dan ingin pergi. Tetapi kamu tidak bisa pergi begitu saja, kamu tidak boleh meninggalkan kesan buruk. Agar jika suatu saat kamu ingin kembali kamu tetap bisa diterima.

Dengan begitu kamu harus tahu cara yang paling tepat untuk mengundurkan diri. Berikut tips-tips yang bisa kamu coba saat kamu ingin keluar dari pekerjaan kamu.

Bulatkan Tekad

Langkah awal kamu saat kamu ingin pergi meninggalkan pekerjaan kamu sekarang adalah niat. Jika kamu masih ragu dalam niat kamu, karir kamu bisa berantakan dan kamu bisa gagal. Berfikirlah sampai matang, apakah rencana yang akan kamu lakukan setelah itu. Luangkan sedikit waktu kamu untuk berfikir secara jernih agar tidak tergesa-gesa. Atau kamu bisa saja meminta cuti sebentar sebagai bahan pertimbangan. Rasakanlah apakah kamu lebih baik atau tidak saat meninggalkan pekerjaan kamu.

Meninggalkan pekerjaan pasti bukan hal yang sepele karena biasa dilakukan sehari-hari. Saat itu kamu akan merasakan perbedaan, apakah kamu merasa senang atau malah tidak sama sekali. Pikirkanlah baik-baik, mana yang lebih kamu ingin lakukan. Jika memang kamu masih ragu, maka simpan dulu surat permohonan diri kamu. Jika kamu gegabah, suatu saat nanti kamu akan menyesalinya.

resign, tips kerja, pengunduran diri, gaya hidup

Buat Draft

Walaupun mungkin kamu masih ragu untuk mengundurkan diri. Ada baiknya jika kamu menyusunnya lebih awal dan disimpan sebagai draft. Jadi kamu bisa menyusun surat pengunduran diri kamu dengan baik dan juga benar. Dimana kamu akan memberikan alasan kenapa kamu mengundurkan diri. Tulislah dengan isi yang tidak bertele-tele agar mudah dipahami. Fokuslah pada rencana awal kamu untuk meninggalkan pekerjaan kamu.

Tulis juga didalam draft kamu betapa pentingnya pengunduran diri kamu itu dilakukan. Tulis dengan baik dan cermat, kemudian bacalah secara berulang. Jangan hanya membaca sekali, agar kamu tahu apa yang perlu dicantumkan dan tidak. Jika keputusan kamu sudah bulat, berikanlah surat pengunduran diri secara langsung. Bukan dari email, hal ini dianggap kurang sopan.

Berbicara Langsung

Membicarakan langsung dengan bos kamu adalah pilihan terbaik saat mengundurkan diri. Hal ini agar kamu juga tidak meninggalkan kesan buruk, malah sebaliknya. Bos kamu pasti akan mempertimbangkan semua yang kamu katakan dengan baik. Bersikap fleksibel saat berbicara langsung dengan bos kamu juga perlu kamu lakukan. Komunikasikan dengan baik agar saat kamu ingin kembali bekerja, tetap diterima.

Itulah beberapa tips dan cara mengundurkan diri yang tepat yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan jangan buat keputusan yang gegabah. Masa depan kamu ada di tangan kamu.

resign, tips kerja, pengunduran diri, gaya hidup

 BACA JUGA:

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Negosiasi Gaji

Cara Menulis Resume Yang Baik Buat Kamu Yang Belum Pernah Kerja

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>