Don't miss

Beberapa Hal Yang Akan Membuat Imej Anda Di Kantor Menjadi Buruk

By on December 29, 2013

tips kerja

Sebagian besar para pekerja atau karyawan menganggap bahwa kantor ibarat rumah kedua dimana banyak waktu yang dihabiskan di dalamnya setiap hari. Tetapi seringkali orang tidak tahu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari saat bergaul dengan rekan-rekan kerja di kantor karena dapat merendahkan harga diri kita sendiri.

Selain itu juga, menjaga imej di kantor sama dengan melakukan investasi, karena penilaian terhadap diri kita tidak hanya diberikan oleh atasan saja, tetapi rekan sekantor anda juga akan melakukan penilaian yang sama kepada kamu.

Seperti dikutip dari Bold Sky, beberapa hal yang sebenarnya harus dihindari saat kita bergaul dengan rekan kerja yang akan berakibat pada pemberian imej yang buruk pada diri kita.

Menunjukkan ekspresi aneh

Disadari atau tidak bahwa memberikan ekspresi aneh pada rekan kerja saat mengobrol sama halnya merendahkan diri kamu sendiri. Baik itu dirasakan secara langsung atau secara tidak langsung, semua ini akan memberikan penilaian bagi teman kamu tentang bagaimana karakter diri kamu yang sebenarnya.

Bergosip melalui email

Sebagian besar wanita (pria juga tidak menutup kemungkinan), bergosip merupakan sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan, baik itu melalui interaksi langsung atau melalui media online seperti email. Tapi tahukah kamu bahwa server kantor dapat dilacak dengan tim IT perusahaan kamu. Jika kamu memutuskan untuk bergosip dengan rekan kerja melalui email, maka itu  merupakan tindakan yang sangat berbahaya bagi keselamatan karir kamu nantinya. Jadi sebaiknya pikir-pikir dahulu sebelum memutuskan untuk bergosip melalui email.

Bermesraan di depan umum

Semua kantor memiliki aturan tersendiri. Jika kamu tengah menjalin hubungan dengan rekan sesama kantor, maka sebaiknya hindari bermesraan di depan umum yang dapat menurunkan imej kamu secara langsung, baik di depan rekan kerja atau didepan atasan. Taati aturan kantor dan jangan umbar kemesraan di depan umum.

Beranya masalah gaji yang diterima

Tidak hanya menanyakan pada satu rekan kerja sesama kantor saja, bertanya kepada orang lain  hal yang bersifat privasi, terlebih masalah gaji termasuk hal yang sangat tidak sopan dan cenderung dianggap melecehkan orang lain. Sebaiknya, hargai privasi rekan kerja kmu tanpa menanyakan berapa besar gajinya. Ini akan membuat imej anda baik dan pertemanan kamupun akan semakin baik.

Meminjam barang tanpa ijin

Bagaimanapun juga, dan apapun kondisinya meminjam sesuatu tanpa meminta ijin dan persetujuan dari orang yang bersangkutan adalah tindakan yang sangat tidak sopan. Jadi, mulai sekarang ingatkan diri anda untuk tidak menggunakan fasilitas rekan kerja tanpa ijin dari yang bersangkutan meskipun hubungan anda dan rekan telah dekat satu sama lain, tetapi meminta ijin untuk menggunakan barangnya adalah kewajiban anda.

tips kerja

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>