Don't miss

6 Tips MakeUp Untuk Kulit Berjerawat

By on February 15, 2014

6 Tips MakeUp Untuk Kulit Berjerawat

Taukah kamu bahwa salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajahmu adalah makeup yang kamu pakai.Pemakaian dan pemilihan makeup yang kurang tepat dapat menyebabkan kulit berjerawat serta memperparah keadaanya.

Meskipun begitu bukan berarti kamu tidak boleh memakai kosmetik. Pilihlah kosmetik yang tepat untuk wajahmu maka kamupun akan tetap bisa merias wajah meski wajahmu sedang dalam keadaan berjerawat.

Berikut ini tips berdandan ketika kulitmu sedang berjerawat.

Perhatikan Kandungan Kosmetik

Pilihlah kosmetik yang terbukti aman. Bagaimana kita tahu bahwa kosmetik tersebut aman bagi kulit yang berjerawat? Untuk mengetahuinya maka kamu bisa melihat pada label kosmetik tersebut. Jika kamu melihat label oil-free dan non-comedogenic, maka produk tersebut cocok untuk wanita yang mempunyai kulit berjerawat. Label pada kosmetik tersebut mempunyai arti bahwa produk tersebut tidak mengandung minyak serta tidak akan membuat kulit wajah berkomedo sehingga tidak akan menimbulkan jerawat.

Memilih Pelembab

Selain memilih pelembab yang berlabel oil-free dan non-comedogenic, kamupun juga harus bisa  memilih tekstur yang benar. Pelembab yang berbentuk lotion biasanya akan lebih cocok untuk kulit berminyak jika dibandingkan pelembab berbentuk krim. Selain itu, pelembab yang  berbahan dasar air seperti gel juga sangat sesuai untuk mereka yang mempunyai kulit berminyak.

Selain pelembab, sunblok juga perlu diperhatikan. Untuk sunblock usahakan untuk tidak memiilih sunblock yang mempunyai SPF yang terlalu tinggi. Perlu kamu tahu bahwa semakin tinggi kandungan SPF maka akan semakin banyak minyak yang terkandung dalam sunblock tersebut. Gunakan krim tabir surya yang mempunyai SPF kurang dari 30.

Bersihkan Spons Make-up

Kulit berjerawat sangat sensitif terhadap bakteri yang menempel. Salah satu sumber bakteri yang menempel di wajah adalah peralatan makeup seperti spons dan brush. Agar dapat menghindari jerawat yang semakin parah maka kamupun harus rajin mencucil aplikator kosmetik, minimal kamu harus mencucinya satu bulan sekali. Kalau diperlukan kamupun bisa mencucinya seminggu sekali.

Perhatikan Mineral Make-up

Mineral make-up sangat aman untuk kulit yang sensitif, termasuk untuk kulit yang sedang berjerawat. Mineral makeup dapat memperkecil kemungkinan iritasi pada wajah kamu. Selain itu, mineral make-up juga tidak akan menimbulkan komedo.

Foundation dan  Bedak

Pilih foundation yang  berbentuk cair dan bedak tabur untuk merias wajahmu. Hindarilah bedak two-way cake. Selain dapat menyebabkan pori-porimu tersumbat,  bedak tersebut juga dapat  membuat kulit terlihat lebih berminyak.

Sabun Wajah

Terakhir yang harus kamu perhatikan adalah sabun wajah. Jika kosmetik yang kamu pakai sudah tepat, maka tinggal memilih sabut wajah yang tepat karena wajah juga harus tetap dibersihkan secara rutin. Gunakan sabun wajah yang mengandung surfactant karena kandungan tersebut mampu menghilangkan sebum, yakni minyak alami pada kulit yang terlalu berlebih.

Tips Makeup Untuk berbagai Warna Kulit

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>