Don't miss

Di Saat Realitas Belanja Online Tidak Sesuai dengan Ekspektasi

By on October 24, 2013

Berbelanja secara online, atau istilah kerennya dalam bahasa Indonesia adalah daring (dalam jaringan), sudah menjadi tren di zaman internet belakangan ini. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan membeli produk, terutama produk fashion, secara online. Di antara keuntungannya adalah praktis, tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan yang mungkin saja macet dan butuh ongkos banyak untuk transportasi umum ataupun bensin, tidak perlu lelah untuk berjalan kaki keliling mall, pembayaran tidak harus antre di ATM, dan lain-lain. Tapi, ada pula hal-hal yang kalau bisa, ingin sekali diurungkan pembeliannya.

Ini bukan untuk membuat kamu jadi ilang feeling ‘ilfeel’ dan jadi ragu-ragu bila ingin membeli baju secara online. Tapi, bisa dijadikan kiat-kiat agar tidak menyesal nantinya.

1. Baju persis sama atau sekadar mirip

Gambar rancangan dan model baju yang dipampangkan di situs bisa jadi hanya mirip, dan tidak 100% sama persis dengan produk yang dijual. Jangan terlalu berharap banyak, apalagi bila baju yang di situs dibanderol dengan harga sangat murah tersebut diperagakan oleh model adalah selebritas terkenal. Baju yang dikirimkan biasanya hanya memiliki tingkat kemiripan sekitar 70 hingga 80% dengan baju yang dipajang.

2. Warna tidak selalu persis

Ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Bisa saja stok sebenarnya untuk baju yang dipesan memang tidak ada. Atau, karena tidak akuratnya foto. Foto yang ditayangkan di situs mungkin sudah diedit, atau memang setting-an kameranya, ataupun buruknya kualitas gambar yang diambil hingga warna aslinya berbeda dari hasil foto.

3. Ukuran baju tidak pas

Ini yang biasanya jadi masalah utama. Ingat selalu bahwa yang memeragakan busana di dalam foto yang dipajang di situs pada umumnya adalah para model dengan tubuh berukuran ideal menurut dunia mode. Para penjual di toko online biasanya menuliskan ukuran secara mendetail. Mereka akan menulis dengan terperinci berapa cm ukuran tepat untuk baju yang diberi titel S, M, ataupun L, dan seterusnya. Tapi bila penjual tidak memajang informasi tersebut, sebaiknya tanyakan.

4. Rincian Bahan

Jangan luput untuk mencari informasi mengenai bahan baju agar tidak kecewa.

5. Pengiriman

Pembeli harus memeriksa juga jasa ekspedisi yang dipakai. Jangan sampai memakai jasa pengiriman yang  tidak diketahui reputasinya hingga barang datang sangat terlambat maupun dengan kondisi yang rusak.

6. Biaya pengiriman

Ini jangan sampai diabaikan, karena bisa jadi bajunya murah tapi biaya kirimnya sangat mahal.

Pesan apa pun yang disukai, apalagi bila ada dana untuk itu, tapi pastikan semua bajunya persis dengan yang diharapkan. Tanyakan dengan jelas semua yang berkaitan dengan warna, model, bahan, dan ukuran baju serta jasa ekspedisi dan biaya pengirimannya. Paling penting adalah, jangan membeli kucing dalam karung.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>