Don't miss

Trik Mencuci Baju Agar Tidak Bau Apek Selama Musim Hujan

By on January 8, 2014

Trik mencuci baju agar tidak bau apek selama musim hujan
Seperti kita ketahui bahwa musim hujan seringnya menjadi momok yang menakutkan bagi wanita, terutama bagi wanita yang biasa beraktivitas sepanjang hari. Selain sedikit menghalangi aktivitas, hujan juga dapat membuat was-was saat kamu mencuci baju. Biasanya baju-baju kotor jika tidak segera dicuci akan menumpuk, tapi sayangnya jika dicuci akan terancam bau apek karena tidak bisa kering secara sempurna.

Tetapi kamu sekarang ini tidak perlu khawatir, karena yakin setiap masalah pasti ada solusinya. Dan buat kamu yang mencuci dengan mesin cuci, tentu masalah bau apek karena baju yang tidak kering secara sempurna bisa langsung teratasi, karena kamu bisa langsung mengeringkan pakaian di dalam tabung mesin cuci, tentunya dengan bantuan pengering. Sedangkan jika kamu mencuci dengan tangan, maka beberapa langkah-langkah berikut bisa kamu ikuti untuk misi menghilangkan bau apek karena baju yang tidak kering secara sempurna.

Ketika merendam

Sebelum pakaian kamu direndam, maka pisahkan terlebih dahulu pakaian yang berwarna campuran dengan pakaian yang berwarna putih. Setelah selesai, barulah rendam dengan sabun cuci dalam air dingin atau air biasa selama 25 menit saja.  Hindari merendam pakaian dalam air panas, karena hal tersebut dapat membuat pakaian kamu bisa menjadi cepat lusuh dan warnanya memudar.

Ketika mengucek

Setelah pakaian kamu direndam selama kurang lebih 25 menit, maka langkah selanjutnya adalah mengucek pakaian sampai bersih. Saat melakukan tahap ini, kau harus melakukannya secara perlahan, dan setelah itu baru tambah kecepatan dalam mengucek baju tersebut.

Catatan : Sebelum mengucek pakaian tersebut kamu harus menyiapkan satu atau dua ember air bersih untuk tempat cucian yang telah dikucek tersebut.

Ketika membilas

Setelah proses tadi selesai, maka tahap selanjutnya adalah membilas pakaian tersebut. Saat melakukan pembilasan, kamu harus periksa dan pastikan bahwa tidak ada noda yang tertinggal dalam pakaian tersebut. Jika dirasa masih ada, maka segera kucek kembali hingga benar-benar bersih dan tidak ada yang membekas.

ketika menjemur

Ini merupakan proses yang paling penting dalam menghindari bau apek selama musim hujan ini. Makanya kamu harus membuat tempat jemuran di dalam ruangan yang tidak memaparkan cahaya matahari secara langsung. Selain itu juga, kamu bisa menambahkan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut untuk membantu proses pengeringan agar lebih cepat dan maksimal.

Ketika  menyetrika

Proses terakhir setelah perjalanan yang sangat melelahkan tersebut, kini saatnya masuk ke tahapan menyetrika pakaian. Setrika baju kamu satu persatu dengan teliti, jika kamu menemukan bagian yang belum kering secara sempurna, maka kamu bisa segera menyetrikanya sampai benar-benar kering. Jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi agar pakaian kamu bisa lebih fresh. Selain itu yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kamu menyemprotkan pewangi ketika pakaian masih basah, karena hal tersebut justru akan membuat baju kamu bau apek.

Trik mencuci baju agar tidak bau apek selama musim hujan

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>