Don't miss

Panduan Untuk Memilih Jas Yang Sesuai Dengan Anda

By on December 15, 2013

Panduan Untuk Memilih Jas Yang Sesuai Dengan Anda

Seperti yang sudah di ketahui sebelumnya, jas merupakan salah satu pakaian wajib untuk pria. Jas atau setelan jas sebenarnya merupakan salah satu jenis pakaian resmi model eropa yang setidaknya terdiri dari komposisi antar jas dan celana celana panjang yang di buat dari kain dengan warna yang sama. Jas harus di pakai di luar kemeja. Di Inggris, jas juga di kenal dengan sebutan jacket.

Berdasarkan dari jumlah baris kancing yang berada di bagian depan, jas di bagi menjadi single breasted (kancing sebaris) dan double breasted (kancing dua baris). Sedangkan berdasarkan jumlah belahan atau potongan pada bagian belakang jas, jas terdiri atas single vent dan double vent.

Pilih Single Breasted atau Double Breasted?

Setelan jas single breasted merupakan pilihan default pakaian jenis ini. Sedangkan jas dengan double breasted memang akan terlihat lebih gagah dan stylish tapi akan terliht tidak cocok buat anda yang bertubuh pendek atau berbadan besar.

Jumlah Kancing

Sebagian besar jas yang di buat oleh rumah mode atau penjahit, umumnya model jas berkancing dua. Jas yang berkancing 3 akan lebih cocok buat anda yang bertubuh tinggi. Kalau anda bekerja di bidang kreatif atau lingkungan kerja anda tidak terlalu konservatif, anda bisa mengenakan jas berkancing satu yang terlihat lebih fleksible.

Manakah Yang Lebih Cocok Dengan saya? Single Vent atau Double Vent?

Vent atau disebut juga belahan pada bagian belakang ajs berfungsi untuk memudahkan pemakainya dalam bergerak. Jas dengan double vents awalnya merupakan model Eropa, yang lebih memudahkan anda untuk mengambil dompet di kantong belakang tanpa harus melipat jas terlebih dahulu.

Buat anda yang bertubuh pendek, jas double vents merupakan pilihan pilihan yang sangat sesuai dengan postur anda. Sementara buat anda yang bertubuh tinggi dan cenderung kurus, maka lebih baik anda memilih jas dengan single vent atau bahkan tanpa vent.

Anda pasti pernah mendengar yang namanya ‘tuksedo’, yaitu setelan jas resmi yang umumnya berwarna hitam dengan bagian belakang yang berbuntut, jenis jas ini harus dikenakan dengan kemeja putih dengan kerah sayap (wing collar) dan dasi kupu-kupu atau bow tie. Saat anda menerima undangan dan dalam undangan tersebut disebutkan kode busana black tie, maka itu berarti anda diminta untuk memakai setelan ini.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>