Don't miss

Tips Rawat Dasi yang Tepat

By on October 14, 2013

Tentu kamu para pria akan puas dan percaya diri saat tampilan busana  kantor kamu terlihat rapi, menarik, dan matching dengan aksesoris busana yang kamu pakai.  Aksesoris busana kantor pria yang dimaksud adalah dasi. Bagi pekerja kantor, dasi adalah aksesoris yang wajib dipakai. Oleh karena itu penting rasanya memperhatikan kebersihan dan kerapian dasi sebelum memakainya. Sama seperti pakaian, dasi terbuat dari bahan kain yang rawan kusut dan pudar warnanya jika sering dipakai. Lantas bagaimana cara merawat dasi agar tetap terlihat rapi dan baru? Berikut ini adalah tipsnya untuk kamu.

1. Lepas dasi dengan hati-hati

Perlu kamu ketahui bahwa sebaiknya jangan melepas dasi dengan buru-bur. Hati-hati saat melepasnya karena ada simpulnya. Jika kamu buru-buru melepasnya, resiko dasi rusak atau simpul dasinya akan sulit untuk dilepas. Efeknya dasi tak bisa dipakai lagi karena simpulnya tak dapat dilepas. Cara yang benar melepas dasi yaitu lepas terlebih dahulu ikatan simpulnya dengan cara menarik tali simpul tersebut ke arah yang berlawanan. Selain akan mencegah rusaknya dasi, cara ini juga dapat menjaga tekstur dasi agar teksturnya tetap lurus.

2. Simpan dasi yang benar

Kemudian untuk cara penyimpanan, gantung dasi pada tempatnya. Jangan melipat dasi karena hanya akan membentuk garis lipatan pada badan dasi. Pastikan juga bahwa dasi tidak dalam kondisi terikat saat kamu akan menggantungnya. Letakan saja secara mendatar atau biarkan saja dalam gulungan kemudian baru digantung atau disimpan di tempatnya.

3. Bersihkan dasi dengan tepat

Dasi juga rawan terkena noda makanan. Jika dasi terkena noda makanan, cukup bersihkan dasi dengan menggunakan air dingin. Namun jika dasi terkena noda makanan yang berminyak, kamu bisa memberikan bedak terlebih dahulu. Bedak ini akan menyerap minyak dari dasi kamu. Kemudian baru bersihkan dengan air dingin.

Nah, bagaimana, sangat mudah bukan merawat dasi dengan tepat. Dengan cara-cara ini, dasi yang kamu miliki pastinya akan tetap awet dan terjaga kerapiannya. Selain itu, dasi juga akan terjaga warnanya layaknya dasi baru. Jadi kamu tak perlu membeli dasi baru jika kamu pandai merawatnya. Tentu ini juga akan menghemat pengeluaran kamu khususnya pengeluaran khusus untuk membeli busana kantor dan aksesorisnya.

Jadi apapun jenis motif dan warna dasi yang kamu pakai, akan tetap terlihat menarik bila terjaga kebersihan dan kerapiannya. Pastinya akan banyak  rekan kerja kamu yang terkesan dengan rapinya dasi yang kamu pakai. Lain halnya jika kamu tak rawat dasi-dasi kamu dengan cara yang benar. Dasi akan terlihat kusut, tak rapi, dan mungkin warnanya terlihat pudar karena tersamarkan dengan kotoran-kotoran debu atau noda makanan pada dasi. Tentu kamu tidak ingin mengalaminya, bukan?

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>