Don't miss

Tips agar tak Bingung Memilih Jas

By on November 16, 2013

Bingung ingin memakai jas dengan model apa? Berikut ini ada beberapa tips memilih jas yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kamu para pecinta jas.

1. Single breasted vs double breasted

Bagi kamu para pecinta jas pastimya tahu dua jenis jas ini, jas single breasted dan double breasted. Masing-masing memiliki desain yang mewah dan tampak gagah saat dipakai. Namun jangan asal pakai ya. Perhatikan postur tubuh terlebih dahulu. Jas dengan model double breasted memang terlihat lebih gagah. Namun sayang model jas ini kurang cocok dipakai oleh pria yang bertubuh pendek. Pria dengan tubuh pendek sebaiknya memilih dan memakai jas dengan model single breasted agar tampak lebih tinggi. Namun bagi kamu yang memiliki postur tubuh yang ideal, akan tampak lebih gagah dengan setelan jas double breasted.

2. Jas berkancing 1 vs jas berkancing 3

Jas mana yang akan kamu pilih, jas dengan kancing satu atau jas dengan kancing tiga? Sekali lagi itu semua sebaiknya disesuaikan dengan postur tubuh. Setelan jas berkancing tiga lebih cocok untuk kamu yang berperawakan tinggi. Kamu juga boleh memakai jas berkancing satu bila lingkungan kerja kamu lebih santai alias tidak konservatif.

3. Jas dengan single vent, double vent, atau no vent?

Belahan pada jas disebut dengan istilah vent. Belahan ini terletak pada bagian belakang jas dan memiliki fungsi untuk memudahkan si pemakainya mudah bergerak. Misalnya saja saat kamu akan mengambil dompet di saku celana. Kamu tak perlu mengangkat atau melipat bagian bawah jas karena jas sudah memiliki belahan/ vent. Nah, bagi kamu yang memiliki postur tubuh pendek, sebaiknya pilih jas dengan double vent. Sedangkan bagi kamu yang bertubuh tinggi dan kurus, pilih saja jas dengan single vent atau boleh memilih jas tanpa belahan (no vent).  Lagi-lagi ada kaitannya dengan postur tubuh. Jadi jangan sampai salah pilih jas ya saat akan pergi ke kantor atau ke pesta.

Bagaimana dengan setelan tuksedo? Apakah sama dengan setelan jas? Sebenarnya tuksedo adalah salah satu jenis jas yang berwarna hitam dan memiliki buntut pada bagian belakang. Tuksedo dipakai dengan setelan kemeja putih polos yang berkerah sayap dan biasanya dilengkapi dengan dasi kupu-kupu/ bow tie. Nah, kamu tak perlu bingung jika suatu saat kamu mendapat undangan pesta dengan dress code busana black tie. Black tie yang dimaksud adalah setelan tuksedo ini.

Pastikan tampilan kamu sempurna saat menghadiri undangan pesta. selain setelan jas yang sudah oke, kamu juga perlu mengenakan properti busana lainnya yang matching dengan setelan jas yang kamu kenakan. Misalnya saja sepatu, jam tangan, tatanan rambut, dan lain sebagainya.

 

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>