Don't miss

Helm Transparan Untuk Pengendara Sepeda

By on December 13, 2013

Hövding

Jika pengendara sepeda motor di Indonesia diwajibkan memakai helm yang berlogo SNI, hal yang serupa juga diterapkan bagi pengendara sepeda di Negara Swedia. Sayangnya, bagi para pengendara sepeda di swedia, terutama wanita, menggunakan helm akan dirasa merusak penampilan. Apalagi jika bentuk helm tersebut dianggap tidak fashionable.

Untuk menyiasati hal tersebut, dua orang mahasiswa desain yang bernama Anna Haupt dan Terese Alstin, mencoba turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mereka ingin menciptakan helm alternatif yang akan memungkinan pengguna sepeda berkendara dengan nyaman, tanpa harus takut akan merusak penampilan.

Alasan itulah yang akhirnya melatarbelakangi duo inovatif untuk menciptakan Hövding, sebuah helm airbag yang berbentuk seperti kerah yang dikenakan di leher. Helm ini hanya akan mengembang atau bertindak sebagai pelindung jika hendak terjadi kecelakaan.

“jika kita dalam kondisi darurat atau hendak terjadi kecelakaan, maka sensor di kerah akan memicu tabung gas kecil yang berada di belakang untuk mengembang dan akhirnya akan menutupi kepala dalam hitungan milidetik,” ujar Alstin.

Dengan demikian, Hövding tidak hanya praktis dan tidak akan merusak penampilan, namun juga akan lebih aman karena helm ini juga mencakup leher, bagian tubuh yang tidak dapat dijangkau oleh helm tradisional.

Saat ini Hövding baru beredar di Eropa.

Haupt dan Alstin mulai bekerja sama sejak tahun 2005, mereka sekarang menekuni pendidikan Desain Industri di University of Lund, Swedia. Mulanya, ide helm trasparan mereka dianggap mustahil dan hanya bisa diwujudkan dalam mimpi saja. Namun, setelah tujuh tahun melakukan riset, mereka akhirnya bisa mewujudkan rancangan mereka.

Saat ini helm Hövding baru beredar di Eropa saja, itu pun belum diproduksi secara besar-besaran. Haupt dan Alstin masih mencoba untuk terus menyempurnakan inovasi mereka tersebut hingga akhirnya sudah dikatakan sempurna.

Wilayah pemasana Asia memang dinilai memiliki potensi besar untuk pemasaran produk helm unik ini, terutama di beberapa Negara seperti jepang yang memiliki pengguna sepeda terbanyak.

Well, apakah mungkin helm keren ini akan di jual di Indonesia? Kita tunggu saja ya, semoga saja kita juga bisa mecicipi produk super keren ini walaupun mungkin kita akan merogoh kocek dengan sangat dalam.

Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>